SEJARAH

cropped-cropped-cropped-cropped-edit1211.jpg

SDK Sang Timur di Sumenep semula bernama SDK St. Yosef.  Didirikan pada tanggal 20 Juni 1941 di desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, yang diresmikan pada tanggal 02 Pebruari 1942 dengan ruang lokal sebanyak 8 buah, terdiri dari 6 lokal SD dan 2 lokal untuk Taman Kanak-Kanak.

Semula SDK Sang Timur Sumenep diasuh oleh 4 suster dari Kongregasi Darah Mulia yang berasal dari negeri Belanda dengan dibantu oleh guru-guru dari Jawa.

Pada tanggal 09 Pebruari 1942 sekolah ditutup oleh pemerintah karena Perang Dunia II berlangsung. (Jepang menjajah Indonesia)

 

Pada download-8.jpgbulan Juli 1950 sekolah dibuka kembali dan perhatian masyarakat mulai saat itu semakin meningkat, yang juga mempengaruhi jumlah murid semakin meningkat. Pada tahun 1959 para Suster Darah Mulia yang sangat besar jasanya dalam membina peningkatan sekolah ini dipanggil kembali pulang ke negeri Belanda. Maka selanjutnya pembinaan diserahkan kepada Suster-suster Kongregasi Sang Timur yang berpusat di Pasuruan. Sebagai Kepala Sekolah pada saat itu ialah Suster Yohana Pia PIJ.

Pada tahun 1972 dengan kemampuan yang ada, serta adanya bantuan dari Dinas P dan K Kabupaten Sumenep dan dukungan para guru SDN dan Instansi Dinas Kesehatan, maka SDK Sang Timur Sumenep terpilih untuk mewakili eks Karesidenan Madura dalam Lomba UKS tingkat Propinsi Jawa Timur.

Pada tahun 1973 diadakan penambahan gedung baru lagi yaitu untuk ruang guru, dapur, ruang perpustakaan, laboratorium, koperasi dan warung sekolah. Biaya pembangunan tersebut diperoleh dari bantuan pimpinan Suster Sang Timur serta adanya kerjasama yang baik dari wali murid mengenai pentingnya peningkatan mutu pendidikan.

Pada tanggal 01 Juli 1981 dikeluarkannya Surat Keputusan dari Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Propinsi Dati I Jawa Timur nomor 18/Sp/Subs.I/81 yang menetapkan Sekolah Dasar Katolik bersubsidi St Yosef berubah menjadi Sekolah Dasar Katolik bersubsidi Sang Timur.

Melihat ruangan perpustakaan, ruang UKS, kantin sekolah yang sudah rusak dan terlalu sempit, melalui surat ijin pendirian bangunan dari Bupati Sumenep tertanggal 06 Juni 1988, maka dibangunlah ruang Perpustakaan, ruang UKS, dan Kanti Sekolah yang baru termasuk meja dan kursinya. Pada saat itu juga dibuat tempat parkir sepeda untuk anak-anak. Pembangunan ini terlaksana berkat usaha BP3, Panitia Pembangunan, Dinas P dan K serta Yayasan Karya Sang Timur. Gedung baru ini diresmikan oleh Bapak Drs. H.Said Hidayat, Kepala Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya ruang kelas dan ruang lainnya mengalami perbaikan dan renovasi pada bagian atap dan tembok ruangan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa dalam menimba ilmu di SDK Sang Timur Sumenep.

Dalam bidang pendidikan dan administrasi, walaupun SDK Sang Timur adalah sekolah swasta, namun pada pelaksanaannya mengikuti juga instruksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan UPT Pendidikan Kecamatan Kota Sumenep dalam menunjang keberhasilan tujuan pendidikan disekolah.

Dalam upaya menunjang pelaksanaan pendidikan sesuai dengan perkembangan jaman dan guna meningkatkan prestasi sekolah, maka sekolah berusaha selalu menambah fasilitas dan alat pendukung pembelajaran, serta menambah kemampuan guru dan tenaga pendidik dengan pelatihan dan seminar

Telah banyak prestasi yang telah diraih SDK Sang Timur Sumenep, namun bukan berarti cukup dalam berkarya dan berprestasi, mengingat tugas mulia dalam mencerdaskan anak bangsa di tengah era globalisasi, persaingan dan perkembangan jaman. Bersama guru, orang tua dan pemerhati pendidikan terus berjuang mencapai tujuan pendidikan dan tujuan sekolah.

***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s